Tips Mengobati Karbunkel

Karbunkel, juga disebut vena laba-laba, adalah infeksi kulit superfisial yang lebih dalam yang melibatkan sekelompok akar rambut seperti laba-laba yang terinfeksi hanya di satu area kulit. Biasanya carbuncles terlihat di bagian belakang leher, pinggul, kaki dan paha, dan biasanya paling sering terjadi pada pria yang lebih tua atau setengah baya. Ada dua jenis karbunkel, dalam dan superfisial, dan ada empat penyebab yang berbeda dari jenis ini, vena laba-laba, kista keloid, varises, dan skleroterapi.

Ketika terjadi iritasi pada serat kolagen dan elastin kulit, jaringan yang rusak menjadi meradang dan terinfeksi

Jaringan yang meradang benar-benar dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah dan mempengaruhi bagian lain dari tubuh. Ini membuatnya sangat menular ke orang lain. Selain itu, jika jaringan yang meradang menjadi terlalu tebal dan bengkak, akan terlihat di bagian tubuh mana pun. Jenis infeksi ini sering mempengaruhi ekstremitas dan area di mana vena berada.

Gejala yang paling umum dari carbuncles adalah pembengkakan, kemerahan, nyeri dan gatal. Meskipun gejala-gejala ini mungkin terkait dengan kondisi lain, mereka harus selalu diselidiki. Jika Anda menemukan bahwa gejala Anda tidak terkait dengan kondisi yang mendasarinya, maka dokter Anda mungkin akan merekomendasikan antibiotik atau obat-obatan. Perawatan yang dipilih belum tentu merupakan perawatan terbaik untuk kasus khusus Anda, jadi jangan berkecil hati jika tidak ada bantuan segera dari gejala Anda.

Salah satu pilihan pengobatan yang bisa digunakan untuk carbuncle adalah mengencerkan kemampuan kulit yang terkena untuk menyerap nutrisi. Pilihan lain disebut fotokoagulasi, yang menggunakan sinar laser untuk menghancurkan bakteri yang bertanggung jawab atas bakteri penyebab jerawat. Perawatan juga dapat mencakup pengangkatan area yang terkena dengan laser, baik dengan eksisi atau melalui eksisi dan skleroterapi. Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan krim dan salep topikal, tetapi perawatan ini tidak selalu merupakan perawatan terbaik untuk kasus spesifik Anda.

Sayangnya, mengobati infeksi kulit seperti bisul tanpa perawatan apa pun biasanya bukan ide yang baik. Misalnya, jika area tersebut besar dan sangat teriritasi, maka dokter Anda mungkin memutuskan untuk melakukan prosedur pembedahan. Namun, jika areanya kecil, maka ia mungkin meresepkan antibiotik oral.

Jika masalahnya memburuk, maka dokter mungkin akan meresepkan perawatan medis. Dokter mungkin akan merujuk Anda ke spesialis dermatologi, yaitu dokter mata yang mengkhususkan diri pada masalah kulit seperti ini. Dalam kasus jenis infeksi yang lebih dalam, seperti infeksi selulit, ia dapat memilih untuk melakukan operasi atau prosedur yang dikenal sebagai fotokoagulasi. Ada banyak cara untuk mencegah masalah menjadi lebih buruk, seperti memakai stoking kompresi, mengoleskan kompres es dan memakai belat untuk mengurangi pembengkakan.

Ada juga pilihan lain yang dapat Anda pilih saat mempertimbangkan perawatan terbaik untuk jenis karbunkel khusus Anda

Ini dapat mencakup pengobatan alami atau bahkan operasi. Metode pencegahan yang paling umum adalah dengan memakai stoking kompresi di bawah pakaian atau mengoleskan pelembab pada area yang terkena untuk menjaga area yang terkena tetap lembab.

Pembedahan tidak selalu merupakan tindakan terbaik ketika Anda memiliki situasi medis yang serius, karena Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Saat mempertimbangkan perawatan, selalu ikuti panduan dokter Anda terlebih dahulu dan pastikan tidak ada masalah kesehatan mendasar yang harus diperhatikan.

Mengobati selulit dengan obat-obatan untuk mengurangi peradangan terkadang merupakan pengobatan carbuncle terbaik. Meskipun sering disarankan untuk tidak meninggalkan selulit, dalam beberapa kasus antibiotik oral dapat diresepkan untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain mengurangi peradangan, antibiotik juga dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, yang membantu mencegah pembentukan sel-sel baru.

Dalam kasus operasi selulit, jika infeksi tidak merespon pengobatan konvensional, ahli bedah dapat memutuskan untuk melakukan prosedur yang lebih invasif. Ini mungkin termasuk menghilangkan seluruh area dan area yang terkena, atau mengurangi kulit dengan laser. atau skleroterapi. Laser digunakan untuk membakar jaringan yang rusak, sedangkan skleroterapi menggunakan bahan kimia kuat yang memecah asam lemak tubuh untuk memungkinkan tubuh memperbaiki dirinya sendiri.

Kabar baiknya adalah Anda memiliki banyak pilihan pengobatan untuk karbunkel, sehingga Anda dapat menjelajahi pilihan ini di cth.co.th sebelum memilih pengobatan yang tepat untuk kasus khusus Anda. Namun, jika penyakit tidak merespon pengobatan konvensional, penting untuk menemui dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Dia dapat memberi Anda penilaian lengkap dan membantu Anda memutuskan apakah prosedur bedah atau laser diperlukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *